Rabu, 23 Januari 2013

Busana Muslimah


dari kanan ke kiri (Godaan Syaithan) kalo dari kiri ke kanan (hidayah)

Busana muslimah, jilbab, adalah simbol identitas. Busana muslimah sekaligus merupakan simbol mental baja pemakainya. Gimana nggak, dalam kondisi masyarakat yang rusak bin amburadul ini masih ada orang yang berani tampil dan bangga dengan jilbab. Maklum saja, jaman sekarang ini jaman amburadul, utamanya kaum wanita dalam soal busana. Nggak abis pikir memang.
Mereka mengusung feminisme..
Sebagian feminis dan yang sekonco dengannya berkata, "Jilbab itu tidak wajib. Saya merasa tidak perlu itu. Yang terpenting adalah menjilbabkan hatinya dulu. Banyak kok yang berjilbab tapi hatinya busuk."


Sebagai orang yang berakal, kita bisa mengakali jawaban atau menjawab berdasar pada akal. Seperti ini:

"Anda juga tidak perlu memakai celana. Yang penting mencelanai kemaluan Anda. Dalam hal ini, Anda sudah bagus memakai celana dalam. Saya fikir Anda tidak perlu jalan ke luar rumah memakai rok.


Tapi sepertinya bagi Anda memakai celana dalam pun tidak perlu. Banyak kok orang memakai celana dalam tapi busuk hatinya."

Feminis tersinggung, "Saya masih punya harga diri dan menutup kemaluan saya!"

Tanggap, "Tapi hati Anda sudah dicelana dalamkan ga? Oh ya, Anda kenapa memakai bra? Bagi saya itu tidak penting. Yang penting Anda mem-bra-kan hati Anda. Seharusnya Anda telanjang saja seperti anjing betina. Yang penting 'hati' Anda sudah memakai jilbab, bra dan celana dalam. Anda siap telanjang sekarang di depan orang2?"

Feminis menjawab, "Saya sedia! Selama Anda tidak menilai hati saya hanya berdasarkan ketelanjangan saya. Anda tidak tahu hati saya seperti apa. Hanya Tuhan yang tahu hati manusia."

Jawablah: "Kalau begitu, Anda tidak tahu malu dan tidak konsisten. Anda tadi bilang bahwa Anda masih mau menutupi kemaluan dengan celana. Ternyata sekarang Anda malah jadi tidak tahu malu siap sedia telanjang di sini. 

Anda tidak konsisten juga ketika Anda mengatakan hanya Tuhan yang tahu hati manusia. Tapi sebelumnya Anda menilai hati banyak jilaber busuk. Berarti Anda tuhan kah? Kok tahu kebusukan hati mereka?"

Feminis meradang, "Mereka berhati busuk karena tingkah mereka yang busuk. Itu cerminan!"

Jawab saja : "Oh begitu. Kalau begitu Anda lebih jelek dan busuk dari mereka. Mereka masih mau tutup aurat dan turut perintah Tuhan. Lah Anda? Sedia telanjang dan melanggar perintah Tuhan. Sudah begitu, masih pura-pura berkemaluan pula. Memangnya Anda punya!?
:::::
Menurut Kefgen dan Touchie-Specht, pakaian mempunyai 3 fungsi.
Pertama: Deferensiasi, dengan pakaian orang membedakan dirinya, kumpulannya atau golongannya dari orang lain. Pakaian memberikan identiti - memperteguhkan konsep diri. Pakaian Tholibul 'ilmi berbeda dengan pakaian preman.
Kedua, Sikap, pakaian muslimah mendorong pemakainya untuk bersikap sesuai dengan citra diri Muslimah. Dengan memakai uniform golongan tertentu maka ia telah melepaskan haknya untuk bertindak bebas kerana terikat dengan etika golonganya. Seorang polisi yang berpakaian uniform akan merasa tingkahlakunya berbeda ketika ia berpakaian biasa. Seorang "ustadzah" yang menanggalkan kain dan menggantikannya dengan "blue-jeans" dan "T-Shirt" akan merasa perubahan sikap.
Ketiga, Emosi, pakaian juga mempunyai fungsi emosional. Pakaian mencerminkan emosi pemakainya dan pada saat yang sama, mempengaruhi emosi orang lain.Ketika seorang wanita berpakaian serba mini maka seorang lelaki akan melepaskan gelora emosinya (baca:nafsu!) Dalam hubunganya dengan busana muslimah wanita yang memakainya akan menjaga perilakunya sesuai dengan pemakai pakaian muslimah. Ia tidak akan melakukan sexual harassment , ia tidak akan berani berbuat tak senonoh - paling-paling "gangguan" kecil seperti ucapan "assalaimualaikum", "ustadzah"  yang dilontarkan secara main-main.
:::::
إذا المرء لم يلبس ثياباً من التقى ::        تقلب عرياناً وإن كان كاسياً
"Jika seseorang tidak memakai pakaian ketakwaan maka ia berubahlah ia telanjang meskipun ia berbusana"
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: 1. Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan, 2. Para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128)

Kriteria Jilbab Wanita Muslimah

Jika seorang wanita keluar dari rumahnya, maka ia wajib menutup seluruh anggota badannya dan tidak menampakkan sedikitpun perhiasannya, maka ia harus menggunakan pakaian (jilbab) yang memenuhi syarat-syarat.

Beberapa syarat hijab yang harus terpenuhi:
1.         Menutupi seluruh anggota tubuh wanita -berdasarkan pendapat yang paling rajih / terang
2.        Hijab itu sendiri pada dasarnya bukan perhiasan.
3.        Tebal dan tidak tipis atau trasparan.
4.        Longgar dan tidak sempit atau ketat.
5.        Tidak memakai wangi-wangian.
6.        Tidak menyerupai pakaian wanita-wanita kafir.
7.        Tidak menyerupai pakaian laki-laki.
Tidak bermaksud memamerkannya kepada orang-orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar